Cemas Gara-gara Covid-19? Bijaklah Bermedia Sosial!

Kian hari media sosial, televisi, dan berbagai media lainnya selalu dibanjiri informasi-informasi yang sedang marak, yaitu pandemi Covid-19. Mulai dari pencegahan, jumlah ODP dan PDP, sampai kebijakan pemerintah perihal pembatasan sosial berskala besar. Aliran informasi begitu deras. Siapa pun bisa mengakses informasi tersebut melalui gadgetnya masing-masing. Begitu mudah bagi kita untuk menjadi terupdate.

Mudahnya menerima beragam informasi Covid-19 atau yang kita kenal dengan istilah virus Corona, menjadikan kita well-informed. Namun, perlu kita sadari bahwa dengan dibombardir berita-berita tersebut, tanpa disaring secara benar, maka akan menimbulkan stress. Pikiran menjadi keruh dan berdampak pada kecemasan.

Di tengah epidemi yang belum kunjung usai, perlunya mengelola kecemasan agar tidak memperburuk keadaan (salah satunya mencegah terjadinya panic buying). Beberapa tips di antaranya:

1. Memastikan kebenaran suatu informasi yang didapat.

2. Memilih sumber informasi yang kredibel. Contohnya World Health Organization (WHO), Kementerian Kesehatan, dll.

3. Kumpul bersama keluarga, bercengkerama untuk memperkuat hubungan kekeluargaan.

4. Mengurangi penggunaan media sosial (Social Media Distancing). Berdasarkan temuan yang ada, maksimal 1 jam berselancar di dunia maya.

5. Jika kecemasan tak kunjung reda, segera temui profesional, seperti psikolog.

Pepatah mengatakan, “Mulutmu, harimaumu”. Tapi di zaman digital ini, pepatah tersebut menjadi “Jarimu, harimaumu”. Media sosial akan berdampak positif bila penggunaannya benar.
Lantas, bagaimana penggunaan media sosial yang tepat? Caranya Anda bisa mengakses akun Instagram Tokome. Saat ini Tokome sedang mengkampanyekan “Fight-Covid 19” dengan menjual beragam merchandise yang unik. Sebagian keuntungan dari hasil penjualan merchandise tersebut akan didonasikan untuk membantu Gerakan Berbagi teman-teman JagoPreventif dan MillenialFest untuk menjaga stamina petugas kesehatan dalam menghadapi Covid-19.

Sebagai bentuk apresiasi kita terhadap para petugas kesehatan yang tengah berjuang, yuk gunakan media sosial untuk berbelanja di Tokome. Dengan memesan merchandise dari Tokome, Anda sudah bersumbangsih bagi kemanusiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *