Peduli tanpa Pamrih

“Bila melihat orang yang baik, berusahalah menyamainya. Bila melihat orang yang salah, periksalah dirimu sendiri.”

Sebuah petuah yang mempersuasi kita untuk memeriksa ke dalam. Tentu merupakan sebuah kalimat yang mengandung makna filosofis, yang mampu mengasah kebaikan hati kita. Perihal kebaikan hati meliputi aspek yang luas. Salah satunya adalah kepedulian.

Akhir-akhir ini, di negeri kita yang penuh dengan dinamika sedang digemparkan fenomena baru. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, epidemi Covid-19 merebak ke berbagai daerah. Situasi mencekam, banyak berita bohong yang bertebaran menjadikan masyarakat kita mudah impulsif. Hal ini yang mengakibatkan jumlah bahan pokok menurun drastis, masker dan hand-sanitizer mengalami kelangkaan.

Mungkin timbul pertanyaan di benak kita, apakah hal tersebut merupakan langkah yang benar dalam menanggulangi pandemi Covid-19? Sudah dipikirkan untung ruginya? Mari kita tanyakan pada lubuk hati yang terdalam.

Menyikapi peristiwa wabah Covid-19 atau yang kita kenal dengan istilah virus Corona, perlu diinisiasi dari kesadaran diri sendiri. Ini kesempatan untuk mengembangkan jiwa humanis kita. Hal sederhana yang bisa diterapkan adalah menjaga kesehatan.

Kesehatan yang terjaga dibentuk melalui kebiasaan. Teringat akan sabda yang dirapalkan oleh seorang filsuf Yunani, Aristoteles, “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang. Keunggulan bukanlah sebuah tindakan, melainkan sebuah kebiasaan.” By the way, kebiasaan apa yang sudah teman-teman lakukan?

Dalam mengkampanyekan “Fight Covid-19”, Tokome mengajak teman-teman untuk membeli dan menggunakan totebag. Sebagian keuntungan dari penjualan totebag tersebut akan didonasikan untuk membantu Gerakan Berbagi teman-teman JagoPreventif dan MilenialFest. Ini sebagai bentuk support system terhadap para petugas kesehatan dalam menghadapi Covid-19.

Yuk, sama-sama kita wujudkan aksi kepedulian ini dengan tulus. Tidak berhenti pada kata-kata. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *