Waspada! Penggunaan Plastik Berpotensi Merusak Ekosistem & Makhluk Hidup

Apakah pernah terbesit di benak kamu mengenai bahayanya plastik? Seberapa sering kamu menggunakan plastik? Sudah berapa banyak plastik yang terbakar? Beberapa pertanyaan ini mendorong kita untuk menyadari ancaman akan bahayanya plastik. Berikut, dampak-dampak negatif penggunaan plastik:

1. Terdapat bahan kimia di plastik yang bisa mengotori darah dan jaringan tubuh manusia. Hal ini menyebabkan kanker, gangguan imunitas, parkinson, dsb.

2. Jika plastik dibakar, maka akan menghasilkan asap beracun yang menimbulkan polusi udara. Polusi tersebut sangat berbahaya, bisa merusak pernafasan manusia. Memicu hepatitis, kanker, dsb.

3. Sampah plastik yang dibuang secara sembarangan di sungai akan menumpuk, mengakibatkan pendangkalan sungai, dan aliran sungai menjadi tersumbat. Hal ini bisa menyebabkan banjir.

4. Plastik yang susah atau lama terurai bisa menurunkan kesuburan tanah. Dikarenakan sirkulasi dalam tanah menjadi terhalang. Selain itu, ruang gerak makhluk bawah tanah pun menjadi terhambat.

5. Beberapa hewan laut, seperti penyu, lumba-lumba, dan lain-lain tidak bisa membedakan antara plastik dengan makanan. Sehingga plastik pun juga ikut termakan. Plastik tersebut tidak bisa dicerna dan ini bisa menyebabkan kematian.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan? Ya, caranya dengan mencintai lingkungan yang dimulai dari diri sendiri. Kamu bisa melakukannya dengan mengganti penggunaan plastik dengan eco bag, seperti totebag/foldable bag. Kenapa? Karena Eco Bag ini dapat Kamu pakai berkali-kali, dapat dicuci, dan mengurangi sampah plastik. Dengan eco bag, kamu sudah mencerminkan budaya hidup sehat.

Yuk, gunakanlah eco bag sebagai wujud aksi nyata dalam memerangi bahaya plastik.

You can do it! STOP SINGLE USE PLASTIC!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *